Gold Clover

Sabtu, 26 November 2016

Table Manner & Beauty Class

a.     Table Manner


Table Manner diadakan di Hotel Royal Jember hari kamis, tanggal 14 November 2016, materi yang disampaikan sesuai dengan nama acaranya yaitu Table Manner yang merupakan aturan tentang tata cara makan sesuai dengan etiket dan juga mencakup penggunaan peralatan makan yang tepat, aturan ini sangat penting karena jika nantinya kita ada jamuan makan resmi di dalam maupun di luar negeri dapat menerapkannya dengan baik dan tidak canggung karena etika makan tidak dibentuk secara tiba-tiba oleh karena itu pembentukan etika makan harus dari proses pembelajaran
Mampu menunjukkan sopan santun di meja makan maka menunjukkan kualitas pergaulan, intelektualitas dan etika pergaulan seseorang, setiap negara memiliki aturan di meja makan yang berbeda-beda, ada beberapa aturan dasar etika makan antara lain makan dengan mulut yang tertutup saat mengunyah makanan, tidak boleh menimbulkan suara saat mengunyah makanan, tidak boleh membuang makanan yang terselip dalam mulut dengan cara seperti meludah karena terkesan jorok lebih baik menggunakan tissue atau jari contohnya duri ikan caranya cukup buang dengan menggunakan jari dan ditutupi oleh tangan kiri, tidak boleh mengambil makanan dari piring orang lain, serta tidak boleh bersedekap dimeja makan karena dapat menimbulkan sesuatu hal dalam tanda kutip tidak menghargai para tamu undangan atau pihak yang mengundangnya.
Beberapa etika umum yang harus dilakukan saat makan ialah membuka serbet dengan wajar taruh dipangkuan, dan jika sudah siap memesan menu, lihat daftar menu dengan wajar, jangan terlalu lama. Segera menunjuk menu yang dipilih , setelah itu biaasanya pelayan mempersilahkan untuk mencicipi menu pembuka.
Makan dilakukan saat makanan hangat disajikan tanpa harus menunggu orang lain disampingnya. Akan tetapi untuk makanan dingin tunggu hingga tuan rumah mempersilahkan makan dan tunggu pula hingga tamu utamanya mulai mengambil makanan.
Salah satu contoh tata cara makan yang benar :
Daging , jika potongan dagingnya tebal, makan dengan menggunakan pisau dan garpu. Jika garing, pecahkan dengan garpu dan makanlah dengan menggunakan tangan.
Selain makanan ada juga tata cara untuk minum seperti tidak boleh meniup minuman yang panas untuk mendinginkannya, tapi cukup dengan menggunakan cara mengaduk minuman secara perlahan atau tunggu sampai panasnya berkurang.

b.      Beauty Class



Beauty class diadakan pada hari rabu tanggal 16 november 2016, acara ini disponsori oleh Wardah Cosmetik yang diikuti oleh mahasiswa sekretaris angkatan 2014 dan 2015. Beauty class ini menyampaikan tentang tata cara berpakaian di kantor yang tepat dan sesuai dengan situasi. Penampilan didalam kantor merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan ketika hendak pergi ke kantor.. berpakaian kerja yang tidak tepat, dapat membuat diri sendiri merasa canggung apalagi orang lain yang melihatnya akan merasa aneh. Oleh karena itu semakin baik penampilan, maka akan menambah percaya diri, berpakaian yang rapi dan sopan juga merupakan bentuk cermin diri seseorang yang memakainya, dimanapun dan kapanpun jika kita bertemu dengan orang, orang akan menilai kita dari penampilan dan langsung menebak bagaimana sifat dari diri kita.
Salah satu contoh penampilan rapi saat dikantor ialah menggunakan rok atau celana yang tidak ada motifnya (bunga-bunga atau gambar-gambar yang mencolok), menggunakan perhiasan yang simple saja, bagi pekerja kantor wanita jangan menggunakan rok yang terlalu pendek dan jangan menggunakan baju bagian belakang model bolong karena pakaian tersebut hanya cocok pergi ke pesta, untuk pekerja laki-laki tidak boleh menggunakan celana pendek juga tidak boleh menggunakan sandal.
Selain penampilan pakaian, make up bagi pekerja wanita pun dituntut harus rapi dan tidak berlebihan sesuai dengan keadaan yang ada, karena jika dikantor dengan menggunakan make up tebal atau menor maka kesannya seperti hendak pergi ke kondangan, tata cara ber make up pun ada, contoh saja eyeshadow untuk mata sipit dianjurkan menggunakan warna-warna cerah, untuk bibir tebal, jangan menggunakan lipstik yang berwarna pekat, seperti ungu, cuklat tua, dan burgundy. Lips gloss yang berlebihan juga memberi kesan bibir tampak lebih tebal. Lebih baik jika mengaplikasikan lipstik matte dan sebagainya

Sumber gambar : Aqua Salon and Spa Augustaforum.wordreference.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar